Pesona Sunset Bukit Lendongara - Sumba Barat Daya

Pesona Sunset Bukit Lendongara - Sumba Barat Daya

Selasa, 22 September 2020, 3:04 PM



Kabupaten Sumba Barat Daya tidak saja punya Danau Weekuri dengan airnya yang asin terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara. Juga tidak saja tentang Kampung Adat Ratenggaro di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, dengan deretan rumah tradisional yang berada di ujung selatan dan di pesisir pantai yang indah.

Kabupaten Sumba Barat juga punya destinasi wisata yang bernama Bukit Lendongara bertempat di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya. Destinasi Bukti Lendongara ini menawarkan keindahan alam perbuktian berupa padang savana, pemandangannya dapat dinikmati dan dirasakan dalam keadaan hijau maupun kering, dua-duanya sama-sama eksotis. 

Dengan keeksotisannya, tempat ini sangat cocok untuk spot foto terbaik. Dari puncaknya dapat kita lihat hamparan savana maha luas memberikan pesona keindahan tersendiri.

Sore itu saya bersama ketiga teman menuju Bukit Lendongara dengan tujuan untuk mengejar sunset, yakni saya sendiri, Amos Damacua, Doris Lende,  dan Arhy Bora. 

Setibanya di tempat itu, kami langsung melangkahkan kaki dan menikmati keindahan alam Bukit Lendongara yang memanjakan mata, kamipun mulai terperangah menyaksikan wajah sunset kuning emas yang menyelimuti permukaan bukit. 

Kami berhenti  sambil memilih tempat yang cocok untuk spot foto sesuai keinginan, dan dengan potensi anginnya yang sejuk dan hamparan perbukitannya yang terbuka, ingin rasanya kami berlama-lama di tempat ini.

Ketika sunset tuntas menyapa kami dan cakrawala mulai tampak gelap, kami segera beranjak pulang ke Tambolaka dengan semangat yang meratap raga dan kebahagiaan yang menajikan rasa kami merasa bahwa Bukit Lendongara ini bukan destinasi yang menawarkan tempat untuk rekreasi biasa, ternyata dengan panoramanya yang sangat indah maka saat terbaik untuk menyambangi sontiri adalah saat musim kemarau. Rumput kekuningan dan kecoklatan akan menciptakan nuansa dramatis lagi romantis.


Untuk mencapai Bukit Lendongara ini, dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, bisa dijangkau dengan jasa ojek sepeda motor atau mobil yang mudah dijumpai di Kota Tambolaka dengan waktu tempuh sekitar 15 Menit.

Soal keamanan di lokasi wisata jangan ragu karena jalan menuju bukit Lendongara sudah teraspal bagus, tetap saran saya bagi pengunjung boleh membawah makan kecil berupa makanan ringan dan air mineral karena disana belum ada fasilitas berupa kios ataupun cafe./YT




TerPopuler