Bulan Mei Dan Bulan Oktober Adalah Bulan Rosario, Mengapa?

Bulan Mei Dan Bulan Oktober Adalah Bulan Rosario, Mengapa?

Kamis, 01 Oktober 2020, 4:03 PM

Banyak umat katolik bertanya dalam beberapa kesempatan, mengapa bulan Mei dan Oktober dijadikan sebagai bulan khusus penghormatan kepada Ibu Yesus, Bunda Maria.


Pertanyaan ini sering dilontarkan secara langsung dan bahkan ada yang memilih untuk mengikutinya saja sebagai tradisi belaka. Ternyata, ada penjelasan cukup baik di balik pertanyaan tersebut. Berikut penjelasannya.


"Bulan Rosario dan Bulan Maria"


Kewa: Kaka, hari ini kita sudah masuk bulan Oktober dan kita orang Katolik mulai berdoa Rosario lagi. Kenapa kita orang Katolik harus berdoa Rosario pada bulan Mei dan Oktober, Kaka? Kenapa kita mesti doa rosario di dua bulan itu?

Kaka: Sebelum Kaka jelaskan, ko harus tahu dulu perbedaan ini, Kewa. Bulan Oktober itu bulan Rosario dan bulan Mei itu bulan Maria. Makanya di dua bulan ini kita umat katolik berdoa rosario.

Kewa: Oh gitu ya. Kenapa bukan di bulan yang lain tapi musti di dua bulan itu, Kaka?

Kaka: Ko dengar, Kewa. Bulan Mei karena Paus Pius VII yang dipenjarakan oleh Kaisar Napoleon berdoa mohon bantuan Bunda Maria. Dia berjanji, kalau bebas dia akan mendedikasikan perayaan untuk menghormati Bunda Maria. Akhirnya dia dibebaskan pada bulan Mei 5 tahun kemudian. Maka Paus menetapkan bulan Mei sebagai bulan Maria.

Kewa: Ooooh begitu sejarahnya ya. Lalu bulan Oktober?

Kaka: Bulan Oktober karena waktu pasukan Turki menyerbu Eropa terjadi perang di Lepanto tahun 1571. Paus Pius V menyerukan supaya umat berdoa rosario. Tanggal 7 Oktober serbuan itu dipatahkan. Eropa selamat dari pasukan Turki. Paus lalu menetapkan bulan Oktober sebagai bulan rosario. Tanggal 07 Oktober sebagai peringatan Rosario Suci.

Kewa: Waaah.. Terima kasih ya Kaka atas info ini. Saya baru tahu alasan ditetapkan dua bulan ini, Kaka.

Kaka: Sama-sama, Kewa. Jangan hanya sampai di pengetahuan saja ya. Kamu harus doa rosario juga, Kewa.

Kewa: Aman saja, Kaka. Saya rajin o…

Kaka: Kalo begini cepat sekali jawab aman, tapi tidak pernah doa juga. Orang lain berdoa Rosario, ko tidur mengorok. Rosario yang Kaka kasih iti dipakai untuk berdoa Kewa, bukan ko pakai untuk hias di saku celana dan di tas saja.

Kewa: Kaka tau juga e..?

Kaka: Tau ka. Rosario ko simpan baru hari-hari ko tasibuk tekan HP sebagai pengganti Rosariomu. Musim Corona begini banyak berdoa Rosario, Kewa. Jangan hanya tunggu bulan Mei dan Oktober saja baru ko berdoa Rosario. Berdoalah bersama Mama Bunda supaya Corona cepat menghilang dari Bumi ini, Kewa.

Kewa: Saya buat kopi satu gelas lagi ko?

Kaka: Ko mulai menghindar sudah supaya tidak kena marah lagi e...

Kewa: Kewa kok dilawan./YT


TerPopuler